Sabtu, 07 Maret 2020

POLUSI LINGKUNGAN ~MARCH~

ASSALAMU'ALAYKUM....

Di kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang pencemaran lingkungan

a. Pengertian pencemaran lingkungan
        pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat aktivitas manusia yang tidak bertanggungjawab atau karena gangguan alam. Berdasarkan sifat zat pencemar, pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 macam:
  1. Pencemaran kimiawi, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia.
  2. Pencemaran fisik, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, zat padat, dan gas.
  3. Pencemaran biologis, yaitu pencemaran yang disebabkan berbagai macam mikroba penyebab penyakit.

b. Macam-macam pencemaran lingkungan
        Berdasarkan lingkungan yang terkena pencemaran maka pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 yaitu pencemaran air, udara, dan tanah.
1. Pncemaran air = peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke dalam lingkungan perairan sehingga kualitas air menurun.
Sumber-sumber pencemaran air terutama berasal dari limbah industri, limbah rumah tangga, limbah pertanian, dan hasil tambang.

2. Pncemmaran Udara = peristiwa masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia, dan secara umum menurunkan kualitas lingkungan.
Penyebab pencemaran udara umumnya berasal dari industri, kendaraan bermotor, limbah rumah tangga, kabut asap, dan hujan asam.

3. Pencemaran tanah = erjadi karena adanya sampah-sampah organik atau anorganik, tertuangnya pestisida dalam dosis yang berlebihan, tumpahan minyak dan merembesnya zat-zat kimia dari tempat penampungan atau limbah industri ataupun rumah tangga ke lapisan permukaan tanah.
Komposisi komponen pencemar tanah antara lain kertas, bahan atau sisa makanan, gelas, logam, besi plastik, kayu, karet dan kulit, kain/serat tekstil, dan logam-logam lain/aluminium. 

                                       AYO!  JAGA LINGKUNGAN KITA, AGAR TETAP SEHAT DAN TERJAGA

mungkin itu saja.... 
THANKS FOR READING✊

WASSALAMU'ALAYKUM warahmatullahi wabarokatuh
#inayah#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lingkungan Sekitar-March Activity

+Lingkungan Sekitar+ Pada saat ini,pencemaran lingkungan semakin marak terjadi di lingkungan sekitar kita,Mulai dari Pencemaran air ...